Interview Risky Summerbee and The Honey Thief

Risky Summerbee and The Honey Thief (RSTH) adalah salah satu band di Jogja yang berangkat dari sebuah komunitas teater dan performing arts. Musik yang ditawarkan memiliki keragaman bentuk, berusaha berangkat dari sebuah gagasan, bukan berpijak pada sebuah genre musik tertentu. Keragaman tersebut bisa terlihat jelas di warna musik mereka. Sentuhan pop folk hingga psychedelic, dari blues sampai progresif rock bahkan musik kontemporer, mereka torehkan di warna musik mereka.

Saya berhasil memawancarai RSTH di kantor Swaragama selepas interview oleh radio Swaragama berkaitan dengan rencana performing mereka untuk tanggal 25 April 2009 di Jogja Nasional Museum (JNM).

Kenapa sih tanggal 25 itu RSTH membuat acara seperti itu?

Risky: Ya, ide itu berawal dari album kami yang sudah keluar Februari tahun ini. Trus pada waktu itu kami sebenarnya anti kata launching karena nantinya akan jadi latah namun atas beberapa pertimbangan kayaknya harus, dan memang harus, walaupun sebenarnya itu bukan launching ya tapi lebih kepada sosialisasi album kami yang sudah keluar. Ya udah akhirnya kita sepakati tanggal 25 kami mengadakan showcase, dengan mengundang beberapa teman dekat untuk main bareng. Intinya menyosialisasikan album kami yang udah keluar.

Konsepnya sendiri gimana mas?
Risky: Konsep acaranya besok diadakan di JNM. Kalo selama ini kita selalu integral gitu ya pertunjukkan dengan tata visual dan macem2, untuk kali ini mungkin tidak sepekat itu, jadi intinya ya inilah musik kami.

Cuma sesederhana itu mas?
Risky: Kalo sederhana, sederhana mungkin ya kata lainnya. Tapi mungkin , kalo kami mengundang beberapa teman gitu salah satunya ada yang kolaborasi dengan beberapa performer yang kami undang juga. Tetap ada tantangannya.

Kayaknya dulu pernah mengadakan acara juga di JNM
Risky: Dua tahun yang lalu kami juga pernah pentas di JNM mengolah musik kontemporer, itu tanggal 27 November. Ya kita pernah disitu juga.

Albumnya sendiri udah keluar mas?
Risky: Udah, bulan Februari kemarin, itu dengan label kami sendiri Dialectic Records bekerjasama dengan distributor Jakarta Demajor.

Responnya sendiri gimana?
Risky: Respon klo penjualan saya gak tau ya, belum tau, belum ada data yang valid, karena distributor bukan kami yang megang. tapi klo content of review gitu Majalah Trax pernah mereview positif, Koran Tempo juga pernah, kemudian yang terakhir itu wartawan musik senior lewat Facebook dan Multiply. Artinya cukup senang bahwa dia merespon album kami


Untuk recordnya sendiri itu punya RSTH juga?
Risky: Iya, pada dasarnya itu kan, kami bikin record label, di lingkaran kami Teater Garasi kami memunculkan ide itu bagaimana kalo kita bikin records label. Jadi itu memang kerjasama di komunitas kami. Tapi klo itu milik kami sendiri, iya memang itu records label milik kita sendiri. Sama halnya dengan MusicBox Records hehehe.

Tanggal 25 itu kan ticketingnya 25 ribu?
Risky: I5 ribu sampe hari ini, eh sampe kemaren, nah hari ini 25 ribu. Kontroversial yak?hehe.

Untuk band lokal jogja kayaknya tiket sebesar 25 ribu merupakan hal yang amat jarang dan terkesan mahal.
Risky: Artinya, iya, kalo di beberapa komunitas memang agak asing ya. Misalkan biasanya gratis atau 5 ribu. Tapi dari kita kemarin sudah memperbincangkan di intern kami bahwa kami pernah bikin pertunjukkan, dikemas juga, 5 kali pertunjukan mungkin dalam beberapa tahun. Pernah kami membuat acara seperti itu dengan harga 10 ribu dan itu responnya juga lumayan, orang pada datang. Dan artinya disini kita punya tradisi seperti itu walaupun yang lain mungkin nggak. Tapi ya dilihat dari sisi itu kemudian masa iya dua tahun 10 ribu terus? Itu satu hal. Yang kedua bahwa kali ini kami tidak ada pendukung dana, artinya kami harus mengusahakan caranya supaya itu bisa berlangsung, istilahe bak-buk lah, kemudian kita mempertimbnagkan bagaimana klo 25 ribu, dengan pertimbangan yang lain juga kualitas memang harus dijaga, ya tidak kami sendiri tapi juga performer yang lain.Bangkutaman, Bad Lovers Company dari Bandung, Frau dan kita juga mengajak Midi Junkie dan Jimmy Mahardika main di acara kami. Artinya dilihat dari sudut pandang mana dulu, klo dari orang yang sering liat gratisan ya itu ga biasa tapi bahwa sebuah laku kerja harus di apresiasi dan dihargai, kupikir masih sesuai dan masuk akal kok.

Pandangan RSTH sendiri dari gigs-gigs yang ada di Jogja yang selama ini ada gitu, itu gimana mas pandangannya, semacam yg kayak tadi itu yang biasanya free atau murah sekali dan ga ada reward untuk para penampil?
Doni: klo menurutku sih, klo masalah free, murah atau mahal itu memang hak dari band itu sendiri ya, karena ada dua sisi juga apresiasi klo menurutku. Itu yang memang digratiskan, itu dia mungkin punya maksud juga biar diapresiasi dengan lebih mudah. Jadi memang ada bebera pandangan yang berbeda. Tapi klo seumpama tiket, tiketnya harga segini mungkin juga ada alasannya. Gituuu. Jadi menurutku ga masalah. Gigs di Jogja klo menurutku harus ada apresiasi yang seperti itu. Ada juga penonton yang mengapresiasi dengan lebih, maksudnya ya mengeluarkan biaya juga. Tapi memang dua-duanya harus ada klo menurutku

Risky: Dari bandnya juga, kami boleh dibilang dalam situasi tertentu gitu tidak, piye yo ngomonge, mungkin kedepannya kita akan membuat pentas yang gratis gitu dalam situasi dan keadan tertentu mungkin begitu, tapi untuk yang kali ini ya perlu diapresiasi. Kan ada juga kerjaan yang membutuhkan support dari temen-temen juga. Jadi kami performance juga senang dan dengan berkualitas dan mereka juga senang. Jadi kami tidak menutup kemungkinan untuk kerjasama atau gratis.

Bulan-bulan ini kayaknya banyak acara semacam launching gitu, berturut-turut dari tanggal 24, 25 dan 26. ada sekitar 4 band yang melaunching albumnya. Tanggapan kalian sendiri bagaimana? Apakah senang dengan banyaknya perkembangan band Jogja atau justru ini semacam trend?
Doni: mungkin bisa juga itu trend, dikalangan band-band gitu. Itu seperti yang Risky bilang tadi sebenarnya kita ga ingin pake nama launching disitu, itu lama-lama menjadi trend dan esensinya nanti jadi latah, tapi ya ngga apa-apa itu juga bagus buat perkembangan band Jogja. Mereka udah berani menampilkan diri mereka gitu selain main di acara orang lain tapi mereka juga udah berani menampilkan diri karena ga banyak juga band yang seperti itu. Itu memang memerlukan pemikiran yang lebih. Jadi ya itu kalo ditanya masalah band indie gitu, yang dinamakan indie itu sendiri sebenarnya mindsetnya gimana, indie itu memang harus menyeluruh seperti showcase sendiri, produksi sendiri, dan bagaimana kita menggembang kan musik kita sendiri. Jogja udah banyak yang bisa launching album sendiri berarti itu udah bagus sekali perkembangan Jogja. Yang penting tidak harus jadi latah itu aja.

Risky: dengan banyaknya launching dalam arti kan banyak album yang keluar. Artinya itu menyenangkan dan itu positif. Banyak karya dan banyak output dari band-band jogja hanya bagaimana caranya biar itu ga lewat gitu aja, dari segi content atau dari segi apapun. Banyak sih ga pa pa tapi klo kemudian, ada album keluar harus launching dan asal showcase gitu aja. Ada jebakan bahwa itu akan lewat gitu aja. Memang harus kreatif bagaimana cara mengemasnya supaya tidak lewat. Bukan berarti kami mumpuni dalam hal itu. Intinya kami hanya ingin menampilkan karya kami dan pengen terdengar gitu karyanya dan pengen diaparesiasi, intinya kan gitu, entah itu launching atau ngga. Esensinya musik harus berkualitas dan jangan sampe lewat. Gitu aja deh.

Ini pertanyaan terakhir mas, Menurut kalian perkembangan musik Jogja hingga saat ini gimana? Menyenangkan atau justru buruk
Doni: menyenangkan, hehehe. Tapi masih kurang. Kalo aku lho ya secara pribadi, mungkin menyenangkan, banyak rilisan tapi masih kurang, jadi mungkin kalo untuk menyamai daerah lain seumpama Bandung, Jogja perlu bekerja keras lagi karena mungkin banyak banget band tapi ya itu lah, banyak yang mengikuti, jadi band yang punya karakter sendiri itu masih belum banyak. Jadi klo menurutku semoga di Jogja nantinya lebih banyak lagi karena masih kurang menurutku.

Risky: sebenernya banyak ya band, ya aku juga, istilahe aku ga ada disitu tapi aku tau seperti Alamanda begitu kan kami ga tau perkembangannya seperti apa, atau di komunitas-komunitas seperti apa, terus terang aku ga tau. Yang aku tau memang ada potensi-potensi yang bagus di Jogja, musikalitas ya, kalo kita ngomong musikalitas memang bagus, tapi klo balik ke pertanyaan awal bagaimana perkembangan musik Jogja ya aku suka bahkan bila dibandingkan dengan band-band yang di luar Jogja itu ga kalah, seperti punya ciri khas tersendiri yang dimunculkan dari Jogja. Yang aku tau itu, cuma itu dari musikalitasnya padahal kerja-kerja musik, kerja-kerja band itu tidak hanya dari segi musikalitas. Misalkan bagus, oke, trus ngopo njuan? Itu kan yang terjadi di Lockstock perkembangan pembicaraannya, artinya butuh media juga yang mendukung, pihak-pihak lain dan EO, bagaimana menyikapi band yang berkualitas itu. Intinya banyak lah yang kurang klo dipikir. Ya konteks sosial musik Jogja masih banyak yang kurang, kita tidak kuat. Kita punya gaya sendiri, yang terakhir aku lihat tanggapan di Facebook yang aku suka itu yang bahwa kita ngga harus mengukur dengan Jakarta dan Bandung. Kita punyanya apa ya itu yang digarap lah, jangan mengiblat ke yang lain, kalo kita mengiblat ke yang lain ya itu salah.

Doni: Kalo pengamatanku di Jogja tuh banyak band tapi kecendrungannya proyek, nah itu, jadi proyek. Dari kelihatannya itu banyak tapi ternyata itu proyek. Itu yang membedakan antara band proyek dengan yang bukan. Tapi mungkin yang bukan band proyek itu mungkin ga banyak. Trus proyek itu biasanya akan bertahan ya tergantung orang yang didalamnya itu, yang fokus sama proyek itu. Karena mereka masing-masing punya band juga. Jadi di Jogja kecendrungannya seperti itu mungkin itu berkaitan juga dengan atmosfirnya Jogja, musisi itu sukanya kumpul-kumpul, main musik itu sukanya kumpul-kumpul, ngejam, atau kalo ga ngejam itu ya kumpul-kumpul aja, klo lagi kumpul-kumpul mesti nanti menimbulkan ide untuk bikin proyek apa, itu nanti memunculkan lagi band-band baru, jadi kalo menurutku perkembangan Jogja lebih seperti itu, mungkin klo aku menyoroti tentang band proyek itu sebenarnya itu kekuatannya Jogja juga. Harapanku kedepannya mungkin bisa dikembangkan lebih lagi. Kayaknya hampir sama dengan Jakarta deh kalo seperti itu, tapi orangnya beda, dan proyeknya pun beda.

Risky: Ya itu, kerja musik itu tidak hanya kualitas dan musikalitas. Aku sepakat klo Jogja itu kota yang kreatif. Orang pada ngulik, ya itu terbukti pertama tuh ada beberapa yang unik. Klo menurutku punya karakter tersendiri cuma agak mentah, estetikanya raw dan kotor gitu. Ngga jelek ya, bagus cuma kotor gitu, itu yang membedakan dengan jakarta, artinya Jogja punya kualitas sendiri. Hanya bagaimana itu dikemas, bagaimana itu diwacanakan, itu yang kurang. Ya karena kita mungkin agraris lah, komunitas ada sendiri-sendiri, itu mungkin yang menjadi kendala, tapi yang dibutuhkan lebih dari itu, diwacanakan, intinya ini musik bagus piye carane khalayak luar itu tau ini musik bagus, bisa jadi effort dari bandnya sendiri kurang mempromokan musiknya atau kehabisan cara untuk mempromokannya. Karena klo ngomong masalah kapital kita memang kalah dari Jakarta ya, wong-wong Jakarta resik-resik, sugih-sugih kae, nduwe duit, ya kayak gitulah. Kita kan nggak, maksud kami kita punya cara lain. intinya itulah yang diusahakan, bisa jadi dari bandnya dan juga pendukung lainnya. Ya kayak Kickfest kemarinlah kan nampak, itu salah siapa? Ya bisa jadi salah bandnya juga dan faktor yang lainnya.

Dipublikasikan di ItsMusicBoxToday.Com

0 komentar:

Posting Komentar